Senin, 17 Oktober 2011

X-ray Unit



A. Spesifikasi Alat
Nama : X-Ray Unit
Merk : Shimidzu
Type : DX-068
Power : 220 V

B. Prinsip Dasar Pesawat
Di dalam bidang kedokteran, X-ray dipergunakan untuk keperluan rongent atau diagnosa penyakit pasien denga n memanfaatkan sinar X. Sinar X yang mengenai pasien/objek akan diserap dan dihamburkan sehingga intensitas sinar yang melewati objek menjadi berkurang. Kemudian sinar X akan ditangkap oleh detector (screen) yang dapat mengemulsikan sebuah film. Selanjutnya film tersebut akan diproses lebih lanjut didalam kamar gelap dengan cairan developer, fixer dan air sehingga menghasilan suatu rekaman objek yang telah dipotret untuk kepentingan diagnose. sinar X-ray didapatkan dari hasil proses antara lain :

a.Tegangan Tinggi
b.Ruang Hampa (tabung tube)
c.Target
d.Filamen

Pesawat X-ray menurut jenis Pembangkit Tegangan Tinggi dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :

a.Sistem Konvensional

Dimana pesawat rongent ini memakai trafo tegangan tinggi untuk membangkitkan tegangan tinggi yang diperlukan oleh tabung X-ray. Pada tabung memiliki 2 elektroda yaitu anoda dan katoda.

b.Sistem Condensator Discharge

Dimana pesawat rongent jenis ini tidak membutuhkan trafo tegangan tinggi, melainkan memakai condensator. Sehingga tegangan pada tabung menjadi 2 kali tegangan pada HTT, selain itu system ini memilki 3 elektroda (triode) yaitu katoda, anoda, dan Grid.

c.Sistem High Frequensi

DImana pesawat rongent memakai tegangan dengan frekuensi tinggi untuk mensuplai tegangan pada tabung. Pada sistem ini trafo tegangan tinggi akan menghasilan tegangan 4 kali lebih besar dari tegangan input dan menghasilkan ripple yang nyaris tidak beriak. Pada X-ray mobile jenis ini menggunakan sistem condensator discharge yang mempunyai 3 elektroda adalah sebagai berikkut :

•Katoda : yaitu tempat atau sumber terjadinya emisi electron (elemen)
•Anoda : Yaitu elektroda yang memiliki tegangan tinggi sebagai penangkap electron
•Grid : Sebagai pengatur jalanya electron.

Bagian-bagian alat

Auto trafo

Pada trafo ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan input sesuai kebutuhan pesawat, walaupun tegangan PLN nai turun, proses penstabilan ini dilakukan secara digital

Control Table

Bagian ini berfungsi sebagai control dari kerja alat yang mana control table ini adalah tempat operator mengoperasionalkan pesawat X-ray sesuai kebutuhan diagnose.

HTT dan Tube Unit

Pada bagian ini memakai HF inverter yanh mengubah listri dengan frequensi 50Hz menjadi kisaramn frequensi KHz. Selain itu, bagian ini juga sebagai tempat terjadinya sinar-X.


Kolimator

Bagian ini berfungsi sama halnya dengan jendela untuk mengatur bidang liuasnya pancaran objek yang akkan disinari.

Pasien Table
Bagian ini adalah sebagai tempat pasien yang akan difoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar