Senin, 17 Oktober 2011

APF (Automatic Procesing Film)



A. Spesifikasi Alat
Nama Alat : Automatic Procesing Film
Merk : Kodak
Power : 220 V

B. Prinsip Kerja Alat
Adalah sarana kelengkapan alat di ruang Radiologi/kamar gelap. Fungsi dari pada APF adalah mencuci film hasil foto secara otomatis.
Dengan proses mencuci film memakai cairan Develover, Fixer, dan air kemudian dikeringkan dengan elemen sehingga film lebih cepat kering. Sebelum ada perkembangan teknologi pencucian film X-ray dilakukan secara manual dengan dicelupkan bak-bak( Develover, Fiser, Air) kemudian dijemur di matahari atau menggunakan hairdryer.

C. Cara Kerja Alat
Film yang sebelumya sudah melalui proses photo dengan menggunakan Xray, kemudian diproses pada ruang gelap. Pada ruang gelap proses pencucian film menggunakan alat yang dinamakan APF (Automatic Procesing Film). Pada alat ini pencucian film dilakukan dengan tiga cairan yaitu Fixer, Developer, dan air proses pencetaan film hanya membutuhkan waktu 3 menit kurang sehingga penggunaan waktu relative lebih efisien dibandingkan dengan cara manual. Pengoperasian cetak film pada mesin ini dibantu oleh motor yang berfungsi sebagai penggerak gigi(gear) yang kemudian memutarkan roll yang membawa film pada bak developer, fixer dan air.

2 komentar:

  1. maaf, saya mau bertanya,...
    untuk spesifikasi dan kegunaan yang lebih rinci, apakah ada link nya?

    atau adakah alat APF untuk jenis maupun langkah proses yang berbeda?

    mohon atas penjelasannya,...

    saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya hon maaf baru bisa membalas, untuk kegunaan lainya saya masih belum menemukannya,,yang saya tahu APF hanya digunakan untuk processing film,
      artikel ini saya buat sesuai dengan praktek yang telah saya lakukan

      Hapus