Selasa, 09 Juli 2013

Paduan suara sama sehatnya dengan yoga


Ikut paduan suara sama sehatnya dengan yoga

Reporter : Kun Sila Ananda
 
 
 
 
 
 
 
 Bagi beberapa orang, mengikuti paduan suara bisa jadi merupakan hobi atau jenjang karir mereka. Namun penelitian menunjukkan bahwa ikut bernyanyi dalam paduan suara bisa memberikan manfaat kesehatan.
Peneliti menemukan bahwa ketika bernyanyi dalam paduan suara, para penyanyi tak hanya menyamakan nada tetapi juga detak jantung. Ilmuwan berasumsi bahwa hal ini disebabkan oleh koordinasi napas dari para penyanyi.
Bernyanyi dalam paduan suara juga diketahui bisa membantu tubuh untuk mengontrol napas dan mengatur detak jantung. Melodi dan struktur musik juga berkaitan langsung dengan aktivitas jantung dari penyanyi.
"Lagu dengan frasa yang panjang membantu seseorang mencapai efek yang sama dengan latihan pernapasan dalam olahraga yoga," ungkap Dr Bjorn Vickhoff, ketua peneliti, seperti dilansir oleh Metro (08/07).

Hal ini ditemukan peneliti setelah mereka mengamati 15 orang penyanyi paduan suara ketika mereka menyanyikan lagu yang berbeda. Lagu yang pelan memberikan keselarasan yang paling tinggi. Selain itu, Vickhoff juga menemukan bahwa bernyanyi bisa membantu orang mengatasi kesulitan bernapas.
Kini peneliti akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana musik bisa berdampak pada tubuh secara biologis
 
 
 Dikutip dari : Merdeka.com
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar