Kamis, 16 Mei 2013

yoga untuk atasi tekanan darah tinggi

Lakukan yoga untuk atasi tekanan darah tinggi

Reporter : Kun Sila Ananda
 
 
 
 
 Yoga tak hanya baik untuk menjaga kebugaran tubuh, melainkan juga untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, ungkap penelitian terbaru. Yoga bahkan lebih ampuh mengatasi hipertensi dibanding dengan diet tertentu.
"Penelitian ini mendukung anggapan bahwa olahraga bisa bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi," ungkap Dr Howard Weintraub, seorang kardiolog dan profesor di NYU Langone Medical Center, New York City.
Dalam penelitian yang dipimpin oleh Dr Debbie Cohen dari University of Pennsylvania ini, ilmuwan mengamati 58 pria dan wanita berusia 38 - 62 tahun selama enam bulan. Meski penelitian ini tak menunjukkan adanya hubungan sebab akibat, namun melakukan yoga dua atau tiga kali seminggu bisa menurunkan tekanan darah dari 133/80 menjadi 130/77.
Efek yoga bahkan mengalahkan jenis diet tertentu. Pada orang yang melakukan diet khusus untuk mencegah hipertensi namun tidak melakukan yoga, tekanan darah hanya turun sedikit dari 134/83 menjadi 132/82. Anehnya, hasil yang didapatkan jika melakukan yoga ditambah dengan diet khusus tidak bisa mengalahkan jika seseorang melakukan yoga saja.
Menurut peneliti, penurunan tekanan darah yang sedikit ketika seseorang melakukan yoga sekaligus diet disebabkan kurangnya waktu, sehingga partisipan kesulitan mengatur yoga dan diet yang mereka lakukan. Peneliti mengakui bahwa penelitian ini memiliki kekurangan, yaitu hanya dilakukan dalam waktu singkat pada partisipan yang memiliki tingkat hipertensi sedang.
Meski begitu, ahli lainnya menyetujui hasil penelitian ini, menambahkan bahwa yoga sebagai bentuk latihan kuno dari India memang bisa menurunkan tekanan darah, seperti dilansir oleh US News (15/05).
"Yoga ditambah dengan latihan pernapasan dan meditasi sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah," ungkap Dr David Friedman dari Heart Failure Service di North Shore-LIJ Plainview Hospital, New York.
Friedman menyarankan agar selain melakukan olahraga dan diet yang benar, pasien tekanan darah tinggi diharapkan memiliki ketenangan pikiran untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran mereka.
 
 
 Dilansir : merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar