Senin, 13 Mei 2013

Beberapa Cara Membuat Jantung Tetap Sehat





Pria kuat tidak hanya dinilai dari besar otot yang dimilikinya atau ketangguhannya berhubungan intim di atas ranjang. Pria kuat harus juga memiliki jantung yang kuat. Dari beberapa indikator, pria ternyata memiliki status kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan wanita. Data statistik menunjukkan bahwa angka kematiaan pria pun lebih tinggi dibandingkan wanita. Ada beberapa cara yang bisa membuat jantung pria tetap kuat.Berikut cara cara yang dapat membuat jantung pria tetap kuat seperti yang dilansir Menshealth.

1. Anda dan keluarga Anda harus Berhenti merokok.
Cara paling jitu untuk membuat jantung tetap kuat adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, pastikan juga tidak ada anggota keluarga di rumah Anda yang merokok. Pria yang memiliki anggota keluarga yang juga perokok menghadapi 92% peningkatan resiko serangan jantung. Bernapas pada udara yang yang tercemar asap rokok dapat meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kecenderungan penggumpalan darah.

2. Olahraga selama 30 menit, 4 kali seminggu
Pada pria tengah baya, olahraga selama 2 jam atau lebih dalam seminggu secara komulatif dapat mengurangi 60% resiko serangan jantung. Dengan olahraga yang teratur dapat membantu memperlancar peredaran darah.Pilihlah olahraga yang sesuai dengan usia Anda. Lari dan berjalan kaki adalah olahraga yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3.Turunkan berat badan bagi yang gemuk
Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan 4,5 hingga 9 kg dapat secara signifikan mengurangi resiko serangan jantung. Lemak yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan jantung.

4. Minum 8 gelas air putih setiap hari
Pria yang minum 8 gelas air putih setiap hari dapat mengurangi resiko serangan jantung sebanyak 54% ketimbang pria yang minum 2 gelas atau kurang. Penelitian menyatakan bahwa air dapat membantu mengencerkan darah sehingga mampu mencegah pembekuan darah.

5. Ganti kebiasaan minum kopi dengan minum teh
Dari penelitian menemukan bahwa minum 3 cangkir teh sehari dapat mengurangi resiko serangan jantung ketimbang yang tidak minum teh sama sekali. Potensi antioksidan yang terkandung dalam teh yaitu Flavonoid dapat memberikan efek pelindung pada jantungdan pembuluh darah.

6. Makan Salmon pada hari Sabtu dan Tuna pada hari Minggu
Para peneliti di Harvard School of Public Health mengatakan makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung lebih dari 30%. Kuncinya adalah pada kandungan asam omega-3. Omega-3 bermanfaat untuk menjaga denyut jantung agar tetap stabil.

7.Tanyakan Dokter apakah Anda butuh Vitamin E dan Aspirin
Menurut penelitian terbaru University of Pennsylvania,pria yang mengkonsumsi vitamin E dan Aspirin dapat memotong resiko penumpukan plak pada arteri hingga 80%. Tapi ingat lebih baik jika Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter Anda.

8. Makan Semangka
Kandungan sekitar 40% lebih Lycopene ditemukan dalam tomat, dan studi baru menunjukkan bahwa tubuh dapat menyerap lebih banyak Lycopene pada semangka yang kaya akan air. Teratur makan semangka dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

9. Minum Jus Kulit Manggis
Jus Kulit Manggis ? Tapi kan rasanya pahit dan sepat!?!
Perlu Anda ketahui buah manggis mengandung zat antioksidan tertinggi dibandingkan buah-buahan yang lain. Zat anti oksidan tersebut dinamakan Xanthone. Xanthone pada manggis paling banyak terdapat pada bagian kulitnya. Zat antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama berbagai macam penyakit, salah satunya gangguan jantung. Jus kulit manggis juga sudah terbukti ampuh mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit lainnya diantaranya hipertensi, ganguan ginjal, liver, thypus , demam berdarah, kanker payudara, kanker otak , kanker getah bening , diabetes, sinusitis , kista, dan lain-lain.
Kalau Anda tidak suka dengan rasanya yang pahit dan sepat, Anda bisa memilih mengkonsumsi produk olahan jus kulit manggis yang sudah di ekstrak. Tapi Anda harus pandai-pandai memilih. Pilihlah produk yang sudah ada legalitasnya dan sudah terbukti khasiatnya.Agar uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli produk jus kulit manggis tidak menjadi sia-sia. Dan kalau Anda lebih memilih membuat jus kulit manggis sendiri,berhatilah karena banyak ditemukan kasus keracunan setelah minum jus kulit manggis yang ditandai dengan muntah-muntah dan diare hebat. Memang sih belum ada bukti yang kuat secara ilmiah mengenai kandungan racun dalam kulit manggis. Tapi tidak salahnya kan kalau kita tetap waspada. Nah...itulah beberapa cara untuk menjaga agar jantung Anda tetap kuat.
Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh : Indah Lestari
sumber : Merdeka.com


Ada lagi temen temen yang bisa membuat jantung lebih sehat,, ini dia

Anda mungkin merasa cemas, saat orang beramai- ramai membicarakan tentang penyakit jantung. Untuk menjaga fungsi dan keutuhan organ ini, sebenarnya banyak cara yang dapat Anda lakukan.
Bahkan bagi Anda yang telah mengalami masalah pada jantung, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi resiko terhadap penyakit jantung. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit jantung :

1. Menyenangkan hari Anda
Segala hal yang dapat membuat Anda senang sebaiknya Anda lakukan. Pengusir stress alami adalah saat Anda melakukan aktifitas sambil menikmatinya. Resiko untuk mengalami tekanan darah tinggi akan berkurang ketika suasana hati Anda nyaman sehingga juga akan mengurangi potensi untuk terkena penyakit jantung. Jalan-jalan, membaca buku dan menonton film adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

2. Menerapkan kebiasaan yang sehat
Untuk menjadi sehat, tidak pernah ada kata terlambat. Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk hidup sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, kebiasaan merokok adalah penyebab kematian karena penyakit jantung yang. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jantung yang sehat, berhentilah merokok.
Selain itu, pola makan yang baik juga sebaiknya Anda terapkan. Cobalah beralih mengkonsumsi bahan makanan yang rendah akan kolesterol jika biasanya Anda mengkonsumsi banyak makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Rutin berolahraga
Dengan melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya, maka Anda telah memulai suatu kebiasaan yang sehat. Tidak perlu melakukan olahraga yang akan menguras banyak tenaga. Resiko penyakit jantung akan dikurangi dengan melakukan aktifitas fisik yang ringan. American Heart Association menjelaskan, umur jantung dapat diperpanjang dengan cara melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan kaki setiap hari.
Bahkan tingkat ketahanan jantung yang lebih tinggi dimiliki oleh orang yang mulai melakukan olahraga teratur setelah mengalami serangan jantung.

4. Menghindari pasta
Mulailah untuk memeriksa isi dapur Anda. Segala macam pasta yang biasanya menemani sarapan dan makan malam sebaiknya mulai Anda singkirkan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak coklat atau gandum untuk mengganti pasta. Sumber mineral dan vitamin yang baik adalah biji – bijian ini. Selain itu, untuk menurunkan kolesterol dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, biji – bijian tersebut memiliki kandungan serat tinggi.

5. Cukup Istirahat
Tidur malam Anda harus tetap berkualitas apapun kesibukan Anda. Kesehatan jantung juga akan meningkat dengan beristirahat, selain mengistirahatkan fisik yang sudah beraktifitas seharian. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, ditemukan bahwa, tekanan darah akan meningkat dengan tidur malam yang kurang dari 7 jam. Sedangkan potensi untuk terkena penyakit jantung dimiliki oleh yang memiliki istirahat malam yang kurang dari 5 jam.
Jadi, setiap malamnya, usahakan Anda tidur 8 hingga 9 jam. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda untuk mendapatkan jalan keluar jika Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Meskipun Anda tetap dapat melakukan rutinitas keesokan harinya, Anda jangan pernah menganggap ringan masalah ini.

6. Menyikat gigi
Untuk membantu kesehatan jantung Anda, juga dapat dilakukan dengan cara menyikat gigi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Periodontology ditemukan bahwa resiko untuk mengalami jantung koroner, dialami oleh orang yang sering mengalami masalah pada gusi. Oleh karena itu, untuk menjaga agar jantung Anda tetap prima, disarankan agar Anda menyikat gigi secara teratur dan melakukan flossing.


Sumber : http://ericklamela88.edublogs.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar