Minggu, 16 Oktober 2011

USG (Ultrasonografi medis)



A. Spesifikasi Alat
Nama Alat : Ultrasonography
Merk : -
Type : -
Power : 220V

B. Prinsip Dasar Alat
Ultrosnography atau biasa disebut USG adalah salah satu peralatan kedokteran yang biasa digunakan untuk mendiagnosa organ – organ dalam tubuh manusia dengan memanfaatkan gelombang ultrasound. Jadi prinsip kerja dari alat ini adalah dengan menggunakan gelombang ultrasound yang memiliki frekuensi diatas 20.000 Hz dan computer berfungsi untuk menterjemahkan suara tersebut ke dalam bentuk visual yang mudah diinterprestasikan oleh dokter, bunyi ultrasonic dihasilkan oleh Kristal piezoelectric (Kristal kuarsa dan barium titane). Frekuensi dihasilkkan 1 sampai 7 Mhz, sedangkan daya untuk diagnostic yaitu, sekitar 0,001 watt/cm dan terapi 1 sampai 1,5 watt/cm2.

C. Blok diagram Manual Pesawat


D. Cara Kerja Blok Diagram
Cara kerja dari blok diagram diatas dimulai dari power supply yang terdiri dari trafo, yang dioperasikan melalui panel control kemudian melewati fuse, menyuplai daya ke unit dan unit perekam yang diambil dari bagian sekunder transformator, denggan mengoperasikan panel control dari USG sebuah prosesor yang terletak didalam digital scan converter membaca perintah yang kita berian dan mengirim perintah ke bagian ultrasound transmitter/ receiver. Semua perintah yang dikirim dan diterima ultrasound bergantung dari digital scan converter.
Bagian ultrasound transmitter/ receiver memberikan pulsa signal tegangan energy yang dibutuhkan untuk memancarkan gelombang ultrasonic ke probe, kemudian probe merubah sinyal elektrik menjadi gelombang ultrasound dan selanjutnya dipancarkan ke dalam tubuh pasien, selain itu juga berfungsi merubah gelombang ultrasound ke bentu sinyal listrik, dari hasil pantulan gelombang ultrasound tubuh pasien, bagian ultrasound transmitter dan receiver juga menguatkan, mengkompres dan mendeteksi signal yang diterima.
Untuk bagian digital scan converter merubah signal analog e dalam signal digital, menulis hasil scan ke dalam memori dan merubahnya dalam bentuk signal analog. Sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk gambar pada layar monitor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar